Saturday, October 30, 2010

Malassia Siap Bantu Indonesia Tangani Bencana


Sabtu, 30 Oktober 2010, 13:41 WIB

Renne R.A Kawilarang


VIVAnews – Malaysia dan anggota-anggota ASEAN lain ingin membantu Indonesia yang tengah didera dua bencana alam besar, di Mentawai dan Yogyakarta sejak awal pekan ini. Dua bencana ini membuat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono absen pada hari pertama KTT ASEAN di Hanoi pada 28 Oktober 2010, sebelum akhirnya bergabung kembali pada hari terakhir KTT, sehari kemudian.


Perdana Menteri Malaysia, Najib Tun Razak, mengatakan bahwa dia dan pimpinan ASEAN lain belum membahas secara khusus situasi di Indonesia. Namun, mereka pada dasarnya siap membantu.


“Sikap Malaysia sama, walau kami belum memutuskan bantuan seperti yang akan disampaikan,” kata Najib, Jumat, 29 Oktober 2010, di sela-sela pertemuan ASEAN+1 dan ASEAN+3 di Hanoi, Jumat lalu, seperti dikutip laman harian The Star.


Najib akan menyempatkan diri berbincang dengan Yudhoyono menyangkut hal ini. Sejumlah negara, seperti Australia, Amerika Serikat, dan Uni Eropa juga dikabarkan telah menyalurkan bantuan darurat ke Indonesia.


Presiden Yudhoyono sebenarnya telah berada di Vietnam, Selasa lalu. Selain menghadiri KTT ASEAN, ia juga menggelar pertemuan bilateral dengan Vietnam. Namun, tak lama kemudian Presiden kembali lagi ke Tanah Air untuk meninjau situasi di Kepulauan Mentawai yang dihantam tsunami dan menewaskan lebih dari 400 jiwa. Selain itu, Gunung Merapi juga meletus di Yogyakarta, yang hingga kini menewaskan puluhan orang. (kd)



sumber



http://dunia.vivanews.com/news/read/185841-asean-siap-bantu-indonesia-tangani-bencana



ada yang mau ???? Wait






No comments:

Post a Comment