Sunday, October 24, 2010

Muslim Dalam Lukisan Ungkap Rahasia Islam di Abad Kegelapan



Dalam lukisan kuno karya Raphael yang paling terkenal, Sekolah Athena, terlihat filsuf-filsuf hebat dunia. Namun yang jarang diperhatikan, lukisan tersebut juga menampilkan Ibnu Rushdi, pemikir Muslim yang banyak menghasilkan pemikiran hebat. (Foto: Independent)VATIKAN (Berita SuaraMedia) – Salah satu lukisan Raphael yang paling terkenal, Sekolah Athena, adalah sebuah lukisan dinding di Istana Apostolik di Vatikan, yang menampilkan filsuf-filsuf hebat dunia. Di bagian tengah berdiri Plato dan Aristoteles. Di sekeliling mereka ada sosok-sosok seperti Socrates, Pythagoras, dan Diogenes.


Di antara filsuf-filsuf Yunani yang dihormati itu ada seorang Muslim: Ibnu Rushdi (atau Averroes, seperti yang dikenal oleh Raphael). Kehadirannya adalah sebuah indikasi sampai sejauh mana dia menjadi rujukan bagi sosok-sosok terdepan di era Renaissance. Bahwa dia merupakan satu-satunya filsuf Muslim di dalam lukisan itu juga memberitahukan sesuatu. Ibnu Rushdi adalah satu di antara banyak pemikir penting Islam yang monumental, yang karyanya menjadi pusat dari pembangunan Renaissance. Hanya sedikit yang dikenal di Eropa sebagai Kristen.



dikutip dari: http://www.suaramedia.com/berita-dunia/dunia-islam/31161-muslim-dalam-lukisan-ungkap-rahasia-islam-di-abad-kegelapan.html






No comments:

Post a Comment